Thursday, September 26, 2013

Membuat Game dengan Unity 3D

Unity 3D
Game Engine lainnya adalah Unity. Unity adalah Game Engine hasil anakan pengembangan Unity Technology. Unity sendiri men-support game untuk IOS, Android, Windows, Blackberry 10, Linux, dan masih banyak lagi. Contoh game yang dibuat menggunakan Unity adalah Wasteland 2, Endless Space, Temple Run 2, Cities in Motion 2, dan lain-lain.

Unity mendukung 3 bahasa alien pemrogaman, yaitu C#, Java Script, dan Boo. Game Engine Unity dibedakan menjadi yang gratisan dan berbayar. Tentu berbeda fitur yang ditawarkannya. Namun kabar baiknya, lisensi Unity sekarang digratiskan, jadi kalian nggk perlu membayar lagi apabila telah membuat game menggunakan Unity. Disampaikan langsung oleh CEO Unity, saya sendiri David Helgason.

"Format model 3D apa saja yang disupport Unity?" Unity mensupport model majalah .FBX, .dae, .3DS, .dxf dan .obj. Jadi kalian nggk usah repot membuat model dari awal, karena kalian bisa memanfaatkan model 3D gratisan di mbah gugel. Sebenarnya Unity nggk cuma bisa membuat FPS, bisa juga balapan. Tapi sebelumnya kalian harus modeling mobilnya dulu. Kalo mau bikin balapan antar Bajaj boleh juga tuh! :D

Contoh pembuatan game menggunakan Unity:
Nature Unity

Nature Unity
A.I Unity

Pemakaian Unity sebenarnya cukup Friendly, karena sudah banyaknya tutorial mengenai Unity. Kalian bisa mencarinya di mbah gugel. Untuk Game Engine nya yang gratis kalian dapat mendownloadnya di situs resminya Unity 3D Free [880Mb].
Selamat Berkarya! :)

8 comments:

  1. mau tanya kalau buat karakter game yang hasilnya jadi "chibi" itu pakai software apa ya? terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Bisa menggunakan software yang free seperti Blender 3D, maupun yang berbayar seperti 3D Max.. Namun saran saya sih memakai Blender 3D karena kita tdk perlu membayar lisensi Blender 3D apabila menjual hasil karya kita yang telah dibuat menggunakan software tersebut.

    ReplyDelete
  3. kalo download blender 3d itu dimana ya terima kasih

    ReplyDelete
  4. Terimakasih ini sangat membantu...

    ReplyDelete
  5. Macam mana nak buat game macam subway surfers menggunakan unity ..dan ada tutorial tak ?

    ReplyDelete
  6. Anonymous1/9/14 17:28

    thank bung

    ReplyDelete
  7. klo cara bikin game-nya gimana gan

    ReplyDelete

  8. Pake unity progaming ny rumit ap ngk ya??

    ReplyDelete