Wednesday, September 25, 2013

Membuat Game RPG dengan RPG Maker VX ACE


RPG Maker VX ACE
Tahu game Final Fantasy? Pengen tahu cara membuat game seperti Final Fantasy? Hmm.. Kasih tahu gak yaa.. #alay
Final Fantasy merupakan game ber-genre Role Playing Game, atau disingkat RPG. Nah, bagi para penggemar RPG, sudah pasti jalan cerita yang menarik menjadi sebuah kewajiban yang mutlak dalam RPG. Kalian dapat membuat game RPG seperti Final Fantasy. Memang kalah dalam hal grafis, tetapi apabila kalian memiliki banyak ide liar dalam membuat story, tak ada salahnya apabila kalian mencoba membuat game RPG sendiri.

RPG Maker VX ACE merupakan salah satu Game Engine pembuat RPG yang sudah banyak digunakan dikalangan para Game Developer RPG. Dengan RPG Maker, kalian dapat membuat game RPG sesuai dengan ide cerita karangan kalian sendiri, dan tentunya apabila kalian memiliki sebuah tim khusus akan sangat membantu dalam hal kesepian waktu.

Sebenarnya ada banyak jenis RPG Maker, tetapi yang gw share adalah RPG Maker VX ACE, karena menurut gw, RPG Maker VX ACE merupakan Game Engine RPG yang cocok untuk pemula, ditambah nggk ribet memakainya. Nilai tambah lainnya yaitu penampilan karakternya yang unyu membuat game kalian akan bertambah menggemaskan. XD

Contoh Game RPG Maker VX ACE:
Shop System RPG Maker VX ACE

Map RPG Maker VX ACE


Battle System RPG Maker VX ACE
Tertarik? Kalian bisa download RPG Maker VX ACE di mbah gugel.. Hehehe
Soalnya Game Engine ini sebenarnya berbayar, jadi gw nggk bisa memberikan link nya. Tapi jangan khawatir, gw akan memberikan clue apa saja yang harus kalian download untuk bisa menggunakannya.

Resep yang dibutuhkan untuk membuat mendownload RPG Maker VX ACE
       Resep Umum:
          1. Rpg Maker Vx Ace
          2. RTP Vx Ace
       Resep Khusus:
          3. File Crack ( RPGVXAce.exe )
          4. File Translation ( RPGVXAceJPN.dll )
RPG Maker VX Ace ibarat Nasi Goreng, sedangkan RTP VX ACE adalah penambah rasanya, seperti daging ayam, babat, sosis, kerupuk, dll. Intinya RTP tidak dapat dipisahkan oleh RPG Maker sendiri. Sehidup semati deh pokoknya! Tanpa RTP, kalian tidak akan dapat menjalankan RPG Maker. Begitu juga sebaliknya. #so sweet
RPGVXAceJPN.ddl merupakan file untuk mengubah bahasa RPG Maker dari bahasa Jepang menjadi bahasa Inggris.
Kalian dapat mendownloadnya satu persatu atau sekaligus di Google, biasanya sudah banyak situs yang memberikan satu link yang berisi semua bahan yang sudah dibutuhkan.
Oke, selamat membuat game RPG! :)

Contoh game RPG VXA buatan tim gw:
Endless Light [A Fantasy-RPG Game, create with RPG Maker VX ACE]

2 comments: