Wednesday, September 25, 2013

Membuat Game FPS dengan Cry Engine 3

Gameplay Cry Engine 3
Kemarin gw sudah posting mengenai salah satu engine untuk membuat game FPS, yaitu FPS Creator. Nah, sekarang gw mau nagih game buatan kalian share ke kalian tentang game engine lainnya. Sebelumnya ada yang belum tahu game FPS berjudul Crysis? #krismon kali?
Tentunya sudah pada tahu ya, itu loh, game yang di buat oleh Crytek. Dengan grafis yang memukau, membuat game Crysis menjadi salah satu game FPS terbaik di era nya. Saking bagusnya, butuh spesifikasi tinggi untuk main dengan high performance.

Nah, berita baiknya, kamu bisa membuat game dengan grafis seperti Crysis loh! "Masa sih? Tapi saya nggk bisa modellin 3D.." Tenang saja, Crytek telah meluncurkan Game Engine mereka, yaitu Cry Engine. Cry Engine sendiri merupakan Game Engine generasi ke 3 setelah pendahulunya yaitu Cry Engine 1 dan 2. Disamping itu, Cry Engine sudah menyediakan model-model yang dapat langsung kalian gunakan, serta sudah banyak model 3D gratisan yang bisa kalian ambil. Perlu diketahui bahwa Cry Engine menggunakan Direcx 11. Jadi jangan menggunakan Direcx 9 ya, apalagi Direcx 8 .__.

"Terus saya gabisa bahasa pemrogaman, pasti harus jago kan?" Tutorial mengenai Cry Engine sudah bertebaran diluaran sana, kalian bisa mencari tutorial tersebut. Yah, untuk membuat game yang menarik tentunya kita harus mengenal lebih dalam tentang Game Engine yang digunakan. Untuk itu tidak ada salahnya apabila kalian juga belajar tentang bahasa pemrograman yang digunakan di Cry Engine. Serta yang perlu kalian perhatikan adalah untuk membuat game menggunakan Cry Engine, spesifikasi komputer kalian harus memadai ya.
Spesifikasi yang dibutuhkan untuk men-develop game menggunakan Cry Engine:
  • Supported OS: Windows XP SP2, Windows Vista, Windows 7
  • 64-bit CPU ( multicore highly recommended )
  • 2 Gb RAM ( 4 Gb recommended )
  • Graphics card with support for Shader Model 3.0 ( Nvidia GeForce 6600 or better, or GFX cards from ATI/AMD in the same generation )
Kalau spesifikasi komputer kamu sudah mencukupi, maka tak akan ada masalah teknis dalam menggunakan Cry Engine. "Terus, bayar apa nggak nih??" Berita baik lainnya, Cry Engine gratis loh! Selama digunakan untuk non komersial. :)
Setidaknya, kalian bisa pamer ke teman-teman kalian kalau kalian bisa membuat game FPS sekelas Crysis.Teman-teman kalian pasti terpukau pada pandangan pertama. :p

Penampakan game yang dibuat dengan Cry Engine:
Nature Cry Engine 3

Nature Cry Engine 3
Gimana? Siap untuk merasakan seksinya hebatnya grafis Cry Engine? Kalian bisa mendownload Cry Engine di situs resminya di Cry Engine 3 Free. [1.81 Gb]
Selamat membuat karya yang menakjubkan!
Salam Kretek Crytek!

5 comments:

  1. makasih gan udah bagi2, untuk ane lagi dapet paket bonus, unlimited 1 bulan! :)

    ReplyDelete
  2. gan jalaninnya gimana nih pas jalanin komputer saya restart sendiri

    ReplyDelete
  3. makanya, ane restart sendiri komputernya, spesifikasi komputer ane kecil cuma bisa edit dan main cs :(

    ReplyDelete
  4. spek ane 32bit . ram : 2gb .direct 11

    apakah work gk leg gan ?

    ReplyDelete